Jumat, 22 Maret 2013


Enno, penyiar radio sekolah SMAN 10
OASE Radio, Radionya SMAN 10

Hallo sobat SMANFULL, kembali bersama Eno Karista di sini….di OASE Radio, radionya SMAN 10. Apa kabar nih sobat-sobat? Tentunya lagi pada istirahat ya? Nah, menemani sobat semua, ada informasi yang berguna nih! Tapi, sebelumnya kita dengarkan dulu lagu yang keren berikut ini, yuuuk!"

Begitulah sebagian dari celotehan yang kerap terdengar di saat jam istirahat pertama di lingkungan SMAN 10. Kok, ada radio di sekolahan? Ya, itulah salah satu kreatifitas siswa-siswa SMAN 10 yang gemar berceloteh.

Radio dalam kehidupan sehari-hari digunakan sebagai sarana penyampai informasi. Banyak informasi kita dapatkan, dengan hanya mendengarkan radio, karena radio biasanya bukan hanya menyajikan lagu-lagu yang sedang hits saja, tetapi juga menyampaikan berbagai informasi penting yang berguna. Keuntungan lain dari radio adalah kita dapat mendapatkan informasi sambil melakukan aktifitas lain, bahkan sambil berpindah tempat. Hal ini berarti banyak waktu yang dapat kita gunakan untuk melakukan aktifitas lain sambil tetap memperoleh hiburan dan informasi penting.

OASE Radio, radionya SMAN 10, tentu saja tidak seperti radio yang biasa kita dengarkan di rumah atau di kendaraan, tetapi program radio sederhana menggunakan komputer yang ada di sekolah. Walau dengan peralatan yang sederhana, tetapi siswa yang terlibat dalam OASE Radio seperti Enno Karista,  tetap semangat menyiarkan berbagai informasi ke seluruh siswa SMAN 10.

Bukan hanya Enno Karista, siswa kelas XI IPS 2, yang suka berceloteh di radionya SMAN 10, ada juga beberapa siswa lain, diantaranya …… mereka mengaku senang sekali dengan adanya OASE radio karena dapat berkomunikasi dengan semua teman di sekolah, baik teman satu angkatan maupun yang berbeda angkatan. “Selain itu, kami bisa dengarkan lagu yang kami sukai, kirim lagu, juga ikut memberikan informasi yang penting bagi teman-teman”, ujar Enno penuh semangat. “Selain itu, kami dapat kirim-kirim salam sama teman-teman dan juga dapat mewawancarai teman yang berprestasi dan guru. Itu sangat menyenangkan”, tambahnya
.
“Ini kegiatan yang sangat positif karena begitu kental dengan unsur mendidik. Selain mereka dapat meningkatkan kepercayaan diri, mereka juga dapat mengasah keterampilan berbicara. Ini penting karena pendidikan bukan hanya belajar pelajaran di kelas saja, tetapi juga belajar segala hal yang berguna untuk masa depan mereka” , ujar Waka Humas SMAN 10, Dra. Dian Apendiani, M.Pd.
Lebih lanjut Dian menegaskan bahwa program radio sekolah adalah salah satu program Humas SMAN 10. “Untuk menyebarkan berbagai informasi kepada siswa SMAN 10, maka agar lebih menarik dan sesuai dengan dunia mereka, kami mengadakan radio sekolah ini. Selain berisi lagu, kami selalu menyisipkan berbagai himbauan, misalnya tentang kesadaran untuk selalu memelihara kebersihan kelas, rajin belajar, atau himbauan untuk selalu menghormati guru” ujarnya menambahkan
.
Waka Kesiswaan, Jaka Sukarni,S.Pd., menyambut baik kreatifitas siswa melalui kegiatan siaran radio ini. Jaka mengatakan bahwa kreatifitas siswa perlu terus didukung oleh semua karena dengan jalan inilah siswa-siswa SMAN 10 dapat belajar lebih dan dapat membentuk karakter baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Entri Populer